Dinul Islam

3 Keutamaan yang Kita Peroleh dari Harapan

3 keutamaan yang kita peroleh dari harapan

acehpost.co.id – Dinul Islam | 3 keutamaan yang kita peroleh dari harapan. BERHARAP bisa juga dirtikan dengan meminta. Segala aktivitas dan gerak pasti kita selalu menyelipkan harapan, seperti kita akan berolahraga dan harapannya agar tubuh sehat, ketika bersedekah pun kita punya harapan lain di dalamnya.

Ketika kita berharap maka ada tiga keutamaan yang kita peroleh:

Pertama, keutamaan bersedekah

Kedua, keutamaan berharap, karena berharap itu sama dengan meminta. Meminta itu sama dengan beribadah. Beribadah itu berpahala.

Ketiga, keutamaan iman. Ketika Allah menjanjikan sesuatu, apakah itu kemudaha di dunia maupun kemudahan di akhirat, kemudian anda berharap di tepatinya janji tersebut, itu bukan saja boleh tapi harus, karena itulah berharap menjadi bagian dari iman.
Dalam harapan ada pernyataan yang disepakati oleh ulama, mengenai harapan sebagian dari iman.

Jika seseorang merasa takut kepada Allah dan balasan Allah mungkin itu berupa kesulitan di dunia maupun di akhirat maka ia akan beribadah. Tanpa takut ia tidak akan beribadah.

Jika seorang merasa harap kepada Allah dan balasan Allah mungkin itu berupa kemudahan di dunia maupun di akhirat, maka ia akan meningkatkan ibadah. Tanpa harap, ia tidak akan meningkatkan ibadah.

Jika seseorang merasa cinta kepada Allah, maka ia akan melakukan ibadah yang terbaik. Tanpa cinta, ia tidak akan melakukan ibadah yang terbaik.

Baca   Kapankah Kita Wajib Berpuasa?

Dengan kata lain, semakin besar harapan seseorang kepada Allah dan balasan Allah, maka akan semakin baik pula ibadahnya demikian pula sebaliknya.

Namun, masih ada juga yang meremehkan, “Ah, itu soal tahapan saja. Kalau pemula, memang mainnya di tahap takut dan harap”
Memiliki harapan, tentulah tidak memerlukan waktu dan harga yang lama, oleh karena itu, berharaplah kepada Allah yang baik-baik maka akan Allah kabulkan permintaan itu sesuai kadar kesungguhan seseorang. Wallahu a’alam

 

Editor: six/AP

Sumber: islampos.com


Berikan komentar tentang berita diatas?

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *