Banda Aceh, Bisnis

Aceh Teken MoU dengan Investor Korea Selatan Bidang IT

BANDA ACEH – Pemerintah Aceh akan bekerjasama dengan perusahaan negeri ginseng, Utopia In Breder Cop. Ltd/Unnet International Co/ Ltd, untuk pengembangan industri IT dan Multimedia Aceh. Investasi tahap awal mencapai Rp. 2 Triliun. Investasi ini merupakan tindak lanjut upaya Pemerintah Aceh dalam mendorong dan menggenjot pertumbuhan ekonomi Aceh.

“Penandatanganan MoU berlangsung tadi malam, di Hotel JW Marriot, Seoul, Korea Selatan.” ungkap Kepala Biro Humas Pemerintah Aceh, Murthalamuddin di Banda Aceh, Kamis 21 Agustus 2014.

Dalam pertemuan tersebut, hadir Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf, Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah utusan Pemerintah Korea Selatan. Program investasi ini difasilitasi Syukri Ibrahim, mantan Dirut Perusahaan Daerah Pembangunan Aceh (PDPA).

Sebagai tindaklanjut bentuk kerjasama ini, jelas Murthala, dalam waktu dekat tim dari Utopia akan berkunjung ke Aceh. “Ini sebagai tindak lanjut dari investasi dan penandatangan MoU. Kerjasama ini adalah bagian dari program Pemerintah Aceh dalam upaya mengurangi pengangguran, nantinya diperkirakan serapan tenaga kerja di corporate ini mencapai 10 ribu tenaga kerja,” kata Murthalamuddin.

Lokasi
Murthala menambahkan, area central untuk lokasi program investasi ini berada di wilyah administratif Aceh Besar.

“Dibutuhkan area seluas 100 hektar dengan investasi tahap awal mencapai 2 Triliun. Semua ditanggung Perusahaan Utopia,” katanya. Untuk Pemerintah Kabupaten Aceh Besar akan mendapat saham sebesar 20 persen, pungkas Murthalamuddin.

Baca   Investasi Mimpi dari Korea Selatan

Dalam pertemuan itu, Wagub Muzakir Manaf juga mempresentasikan potensi sector pariwisata Aceh. Selain memenuhi undangan perusahaan multimedia dan IT korsel, kehadiran Wakil Gubernur Aceh di Seoul, Korea Selatan sejak 19 hingga 23 Agustus ini, juga untuk menjajaki prospek investasi dengan berbagai perusahaan asal negeri ginseng tersebut.

 

sumber: humas.acehprov.go.id