Pidie

Festival Pedir Raya 2014 Diguyur Hujan

PIDIE – Dibawah Guyuran Hujan, Pawai Karnaval Pedir Raya Festival berlangsung Meriah. Karnaval Pedir Raya festival tersebut diikuti oleh segenap Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) didukung kendaraan hias dan dari utusan 23 Kecamatan serta pelajar, Sabtu (13/9/2014) di Kabupaten Pidie.

Pawai karnaval Pedir Raya Festival yang pertama kalinya dilangsungkam di Pidie ini menyita perhatian khusus ribuan warga Kota Sigli, karena semua Muspida, kepala SKPK dan Camat mengenakan pakaian adat Aceh.

Kepala bagian Humas Setdakab Pidie, Muhammad Haris, mengatakan, karnaval yang berlangsung itu merupakan awal dari pagelaran Pedir Raya Festival yang diikuti seluruh jajaran Pemkab Pidie, BUMN, BUMD serta pelajar dan insan seni di Pidie.

“Ini merupakan pagelaran perdana yang dilangsungkan di Kabupaten Pidie, untuk kedepan acara ini akan digelar setiap tahun sekali,” kata Haris

Haris juga menjelaskan, pawai karnaval tersebut, merupakan bagian dari pagelaran, sedangkan pegelaran utama adalah pertunjukan seni dan budaya serta pameran pembangunan pidie yang berlangsung sejak 13 s/d 19 September 2014

“Pembukaannya yang dilakukan oleh wali Naggroe Aceh Malik Mahmud Al Haytar di lapangan Keunire, Kecamatan Pidie, Sabtu (13/9/2014) malam,” ujarnya

Dikutip dari media acehonline.info, ribuan warga yang turut menyaksikan pawai karnaval tersebut sangat antusias meski diguyur gerimis, bahkan usai acara, sejumlah warga turut berfoto bersama Bupati Pidie Sarjani Abdullah, serta sejumlah unsur Muspida.

Baca   MPU Aceh: Pemerintah Harus Tutup Kelompok Pengajian "Salafi" Pidie

“Ini merupakan yang pertama kali saya saksikan pawai Karnaval semeriah ini,” ungkap Junaidi Warga Kota Sigli.

Dia berharap pegelaran Pedir Raya Festival selama sepekan dilapangan Keunire bisa menjadi tongak sejarah kebangkitan seni budaya di Pidie yang selama ini hampir tiga dekade tenggelam karena tidak ada yang serius memperhatiakan seni dan budaya di Pidie. (Marzuki).


Berikan komentar tentang berita diatas?

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *