Banda Aceh, Fokus Berita

GeRAK Aceh Uraikan Dugaan Korupsi Mantan Wagub Senilai 60,6 Milyar

acehpost.co.id – Banda Aceh | GeRAK Aceh Uraikan Dugaan Korupsi Mantan Wagub Senilai 60,6 Milyar. Lembaga anti korupsi GeRAK Aceh melakukan konferensi pers terkait temuan dugaan korupsi dana kerja wakil gubernur Aceh Muhammad Nazar pada tahun 2009 dan 2010. Askhalani, koordinator badan pekerja GeRAK Aceh dalam konferensi pers, Rabu (15/04) di Banda Aceh bahwa dugaan tindak pidana korupsi tersebut dilakukan secara sistemik dan sangat jelih.

Adapun indikasi dugaan tindak pidana korupsi dana kerja wakil gubernur Aeh yang bersumber dari APBA itu sekitar Rp60.600.000.000 dengan pembagian, tahun 2009 sebesar Rp32.600.000.000 dan tahun 2010 sebesar Rp28.000.000.000.

Dari hasil investigasi yang dilakukan GeRAK Aceh, setidaknya ada delapan modus operandi yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan hingga menjadi kasus korupsi diantaranya, adanya indikasi penyaluran Dana Kerja Gubernur (DKG) fiktif kepada mastyarakat dengan modus pemalsuan tanda tangan penarikan dana.

Selain itu, GeRAK Aceh dalam investigasinya juga menemukan banyak kejanggalan yang terjadi. Salah satunya adalah kegiatan yang hanya fiktif namun laporan diajukan.

Hayatuddin, kadiv advokasi korupsi GeRAK Aceh kepada wartawan bahwa GeRAK akan melaporkan kasus tersebut ke KPK dalam waktu dekat. Langkah tersebut mereka pilih dengan alasan lebih ideal, mengingat masih banyak yang harus di verifikasi.

Sejauh ini, GeRAK masih menunggu laporan dari masyarakat setidaknya 10 laporan sebelum mereka melaporkan kasus tersebut ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta. GeRAK juga berharap kepada masyarakat yang pernah mengajukan proposal, namun tidak mendapatkan bantuan dana sosial tersebut agar melaporkan kepada mereka.

Baca   Pintu Air Rusak 10 Desa Terancam

“ Jika ada masyarakat yang pernah mengajukan proposal namun dikibulin, agar melaporkan ke GeRAK Aceh.” Tutup Hayatuddin.[six/AP]


Berikan komentar tentang berita diatas?

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *