Budaya dan Wisata

Grup Rapai Paloh Tuha Gladeah

AcehPost.co.id – Banda Aceh | Grup Rapai Paloh Tuha Gladeah. Rapai Paloh Tuha Gladeah adalah salah satu grup rapai di kota Banda Aceh yang berlokasi di Desa Pango Deah, Kecamatan Ulee Kareng. Grup rapai ini dipimpin oleh Hasan Basri yang sekaligus pelatih pada grup rapai tersebut. selain Hasan Basri juga dibantukan oleh 2 orang dalam memberikan latihan kepada anggotanya.

Grup rapai ini terdiri dari satu grup dewasa dan satu grup remaja pada tingkat SD dan SMP yang masing-masing berjumlahkan 12 orang lebih. Untuk grup dewasa menggelar latihan setiap senin malam dan untuk remaja biasanya dalam seminggu di jadwalkan dua kali, yaitu pada minggu sore dan kamis sore di balee latihan yang dibangun khusus melalui bantuan pemerintah.

“Selain grup rapai remaja. Grup rapai dewasa juga ada, mereka beranggota berkisar 12 orang bahkan lebih. Grup rapai ini diadakan untuk mengasah kemampuan mereka supaya tidak lupa. Grup ini menggelar latihan setiap malam selasa, namun kehadiran anggota yang latihan tidak menentu kadang cukup kadang tidak namun hal itu tidaklah dipermasalahkan. Sebab latihan tersebut hanya sebagai bentuk sikap sosial bersama untuk melestarikan budaya daerah”. Ujar Hasan Basri.

Pimpinan grup rapai Paloh Tuha itu juga menambahkan, bahwa grup rapai yang dipimpinnya berbeda dengan grup rapai lainnya, pasalnya grup rapai yang dipimpinnya itu masih menggunakan pola tradisional dan belum adanya modifikasi.

Baca   Peringati 142 Tahun Perang Aceh, Ini Gugatan Aceh ke Belanda

“ Perbedaan grup rapai ini dengan grup rapai lainnya yaitu kami masih menggunakan pola tradisional tanpa ada modifikasi sedangkan grup rapai lain kebanyakan sudah dimodifikasi sehingga kurang menarik bagi pencinta seni daerah yang menginginkan penampilan khas daerah yang murni”. Tambah Hasan Basri.

DSC_0087

Untuk jenis rapai yang digunakan mereka menggunakan rapai buatan sendiri. Yang kulitnya terbuat dari kulit kambing. Alasannya kualitas rapai yang mereka buat lebih bagus dan lebih murah sebab semua material mereka cari dan produksi sendiri.

Dari pantauan acehpost.co.id terlihat di atas meja pembuatan dibawah balee yang berlantai dua tersebut lerletak beberapa baloh/bak rapai yang belum terpasang kulit, dan di gubuk samping terlihat beberapa kulit kambing yang tertempel didinding dalam proses penjemuran. (rmj/AP)


Berikan komentar tentang berita diatas?

Loading Facebook Comments ...

One comment on “Grup Rapai Paloh Tuha Gladeah

  1. Sangat dibutuhkan partisipasi pemerintah daerah untuk melestarikan kesenian khas daerah seperti ini.

    semoga kesenian daerah lain yang ada di aceh juga bisa terjaga eksistensinya seperti ini, karena kesenian budaya semacam ini adalah warisan bangsa kita., sudah sepatutnya kita jaga dan lestarikan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *