Bisnis

Indonesia Tarungkan Teknologi Jepang Vs Tiongkok

indonesia tarungkan teknologi jepang vs tiongkok

acehpost.co.id – Bisnis | Indonesia tarungkan teknologi Jepang Vs Tiongkok. Presiden Joko Widodo menandatangani kerja sama dengan Tiongkok mengenai pembangunan kereta cepat Jakarta menuju Bandung. Padahal di pemerintahan sebelumnya telah ditandatangani komitmen pembuatan studi kelayakan proyek itu dengan Jepang.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil, Senin 30 Maret 2015 menjelaskan, kerja sama yang dilakukan oleh Tiongkok juga baru sebatas studi kelayakan. Tidak secara otomatis proyek tersebut akan dikerjakan.

“Harapannya, tahun ini pemerintah bisa membuat keputusan tentang kereta cepat Jakarta-Bandung. Tapi, apakah dengan Tiongkok, tergantung studi ini,” kata Sofyan di kantornya.

Hasil studi kelayakan dari kedua negara tersebut akan dibandingkan. Sehingga, mendapatkan tawaran yang terbaik dan sesuai kebutuhan. “Baru studi, bagaimana financing, berapa biayanya. Lama studi dalam waktu secepat-cepatnya,” kata Sofyan.

Hal utama yang diperhatikan, bagaimana nilai proyek yang ditawarkan dapat lebih murah, sehingga harga tiketnya dapat terjangkau bagi masyarakat.

Namun, harus dipastikan teknologi yang digunakan adalah yang terbaik. “Dalam waktu dekat akan diputuskan siapa yang akan membangun,” ujarnya.

 

Editor: six/AP
Sumber: viva.co.id

Baca   China Siap Bantu Kredit UKM RI Hingga Rp20 Triliun

Berikan komentar tentang berita diatas?

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *