Advertorial

Ingin Tahu Tips Hidup Hemat di Australia Selama Kuliah

Hidup Hemat di Australia
Australia menjadi salah satu negara yang banyak diminati sebagai tempat untuk belajar, meski biaya hidup di Australia jauh dari kata murah. Tinggal di luar negeri untuk tujuan meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi menjadi keinginan banyak orang. Tidak dapat dipungkiri bahwa fasilitas dan kualitas pengajar pendidikan di negara luar memang lebih baik. Sebab negara lain seperti Astralia lebih dulu mengalami perkembangan yang pesat dari segi teknologi untuk memfasilitasi setiap aspek pendidikan.

Lulusan dari universitas Australia, terutama untuk universitas yang ternama, ketika mencari pekerjaan di tanah air akan memperoleh jabatan yang prestisius. Jabatan yang tinggi jelas akan menawarkan gaji yang nilai nominalnya lebih baik sehingga kualitas hidup bisa ditingkatkan. Hingga sekarang mayoritas orang yang bisa menempuh pendidikan di Australia adalah dari kalangan orang kaya. Kemampuan finansial yang kuat memang sangat diperlukan sebab biaya hidup yang cukup mahal. Ditambah lagi dengan biaya pendidikan dan segala keperluan untuk bisa lulus tepat waktu.

Cara tepat hidup hemat di Australia
Meskipun selalu didominasi oleh kalangan mampu dari segi finansial, namun seiring berjalannya waktu siapa saja memiliki kesempatan bersekolah disana. Pasalnya ada bantuan berupa beasiswa untuk memenuhi kebutuhan kuliah di Negeri Kanguru ini. Biaya pendidikan memang sudah terjawab dengan adanya dana beasiswa yang mendukung hingga semester tahap akhir. Persoalan mengenai biaya ternyata tidak berhenti sampai disitu saja. Sebab selama berada di Australia kita pun butuh tempat tinggal, butuh makan, dan lain sebagainya yang semuanya harus mengeluarkan biaya.

Baca   Jurnalis Magang

Bagi Anda yang datang untuk belajar di Australia dari dana beasiswa memang harus cermat dalam mengelola keuangan. Mahalnya kebutuhan pokok dan sewa tempat tinggal, terutama di perkotaan, membuat kita harus menjadi mahasiswa cerdas finansial. Sebenarnya hidup hemat menjadi pilihan yang sangat bijak untuk mengalokasikan dana yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan. Hidup hemat di negeri orang ternyata ada seninya, sebab harga dan macam kebutuhan akan sedikit berbeda. Lantas apa saja cara yang bisa ditempuh untuk hidup hemat? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Memilih ikut tinggal di rumah orang
Biaya kuliah di Australia yang terkenal akan kualitasnya memang cukup mahal, adanya beasiswa mampu meringankan beban ini. Mengingat biaya sewa tempat tinggal di Australia pun tidak kalah mahal maka ada baiknya menyewa di sebuah rumah dan satu atap dengan pemiliknya. Kondisi ini tidak bisa dikatakan menumpang sebab Anda pun perlu membayar sewa. Hanya saja jumlah biaya sewa akan lebih ringan sebab ikut di salah satu rumah yang tidak dibuat secara khusus untuk disewakan. Anda bisa ikut membantu menjaga kebersihan rumah atau membantu pekerjaan di waktu luang.

2. Jangan tergiur untuk jajan
Harga makanan di pusat kota memang mahal, maka hindari kebiasaan mengkonsumsi makanan yang siap disantap. Hidup hemat bisa dengan memasak sendiri, Anda cukup berbelanja kebutuhan makan di supermarket dan mengolahnya sendiri. Satu kali belanja bisa mencukupi kebutuhan makan selama beberapa hari sehingga memangkas kebutuhan dana dengan lebih baik. Cara ini juga mengajarkan Anda untuk bisa memanfaatkan uang yang ada menjadi lebih selektif. Hidup hemat di Australia memang harus diusahakan dengan maksimal, negara ini menjadi salah satu negara yang mahal biaya hidupnya. Berkorban sebentar selama beberapa tahun tentunya tidak terlalu sulit jika mengingat apa yang akan didapatkan usai lulus nanti.


Berikan komentar tentang berita diatas?

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *