Jurnalis Warga

Inilah 10 Wartawan yang Hilang di Suriah

Damaskus – Bagi wartawan, Suriah adalah salah satu tempat peliputan paling berbahaya di dunia. Sejak perang saudara Suriah terjadi pada tahun 2011 yang lalu, sekitar 52 wartawan dilaporkan tewas dalam melaksanakan tugas jurnalistik di wilayah tersebut.

Baru-baru ini Associated Press, Rabu (20/8/2014) telah melaporkan 10 wartawan internasional yang hilang atau di sandera di Suriah.

1.Bashar Al Kadumi
Bashar Al Kadumi merupakan warga negara Yordania berdarah Palestina. Al Kadumi dikabarkan bekerja sebuah saluran televisi berita Al-Hurra yang berbasis di Amerika Serikat (AS). Namun, Al Kadumi dilaporkan diculik setelah melakukan perjalanan dari Turki menuju Suriah pada 20 Agustus 2014.

2.James Foley
James Foley  warga negara asal Amerika Serikat (AS) baru-baru ini dilaporkan dipenggal oleh anggota militan Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS). Aksi ini dilakukan sebagai pembalasan atas serang udara AS di Irak.

Foley dikabarkan terakhir terlihat pada 22 November 2012 di barat laut Suriah. Dia dikabarkan bekerja di media GlobalPost.

3.Edouard Elias
Edouard Elias adalah seorang fotografer yang bekerja di Agence France-Presse di Suriah. Ealias pernah dilaporkan diculik oleh empat orang bersenjata saat pergi menuju Kota Aleppo Suriah. Usai diculik Elias memutuskan untuk pindah dari tempat kerjanya. Saat ini dia dikabarkan bekerja di Europe 1 salah satu stasiun radio di Prancis.

Baca   Lowongan CPNS Aceh di Kementerian PAN-RB Tahun 2014

4.Didier Francois
Didier Francois juga merupakan warga negara Prancis. Dirinya dilaporkan diculik bersama Elias setelah melakukan perjalanan menuju Kota Aleppo. Sebelum bergabung di tempat saat ini Elias bekerja, Francois dikabarkan pernah bekerja sebagai wartawan investigasi di Libération.

5.Marc Marginedas
Marc Marginedas warga negara asal Spanyol. Dirinya dikabarkan bekerja sebagai wartawan yang kerap meliput kondisi perang. Marginedas dilaporkan diculik oleh kelompok pemberontak di dekat Kota Hama di Suriah pada 2 September 2012.

Menurut berbagai sumber, sebelum diculik Marginedas tengah bepergian bersama supirnya menggunakan mobil sebelum dicegat oleh kelompok pemberontak.

6.Samir Kassab
Samir Kassab adalah seorang juru kamera dari media Sky News Arabia berkewarganegaraan Lebanon. Dirinya dikabarkan hilang kontak setelah ditugaskan ke Suriah pada 15 Oktober 2013. Kassab diduga telah diculik di Kota Aleppo.

7.Ishak Mokhtar
Selain Samir Kassab wartawan lainya dari Sky News Arabia, Ishak Mokhtar dilaporkan diculik. Pria berkewarganegaraan Mauritania dikabarkan hilang bersama rekannya Kassab pada 15 Oktober 2013.

8.Nicolas Henin
Nicholas Henin adalah warga negara asal Prancis. Henin merupakan seorang reporter Le Point Magazine yang mengkhususkan diri untuk meliput wilayah konflik.

Henin dilaporkan diculik setelah meliput pemilihan umum di salah satu kota dekat Raqqa. Henin dikabarkan telah mendedikasikan diri sebagai reporter selama 10 tahun.

9.Pierre Torres
Pierre Torres  warga negara asal Prancis dilaporkan hilang setelah ditugaskan di wilayah Suriah. Torres merupakan salah satu reporter yang bekerja di stasiun televisi Prancis-Jerman Arte.Sampai 9 Oktober 2013 Torres dikabarkan belum juga ditemukan.

Baca   Jalanan Licin Kijang Innova Terguling

10.Austin Tice
Austin Tice merupakan wartawan lepas dari Washington News dan Aljazeera. Pria berkewarganegaraan asal Amerika Serikat (AS) ini dilaporkanhilang pada 14 Agustus 2012, saat bertugas di wilayah Damaskus, Suriah.

Sejauh berita yang Acehpost.co.id dapatkan, belum ada wartawan asal Indonesia yang hilang di Suriah.
Inilah 10 Wartawan yang Hilang di Suriah dalam menjalankan tugas jurnalistik yang berhasil diketahui oleh media. Semoga perdamaian cepat ter-realisasi dan tidak ada lagi korban kekerasan serupa di Suriah.
sumber