Aceh Selatan

Menguji Kemampuan Pejabat Aceh Selatan

TAPAKTUAN – Bupati Aceh Selatan H T Sama Indra akan menggelar program asesment (penilaian) kompetensi keahlian bagi pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemkab setempat, dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Dikutip dari antaraaceh.com, Kegiatan Program Asesmen Kompetensi yang dijadwalkan 19 – 21 September 2014 di Gedung Rumoh Agam Tapaktuan ini dilaksanakan oleh Yayasan Kita dan Buah Hati dari Jakarta.

“Pesertanya pejabat selon II, III dan IV. Asesmen Kompetensi ini sendiri akan dipandu oleh Ny Elly Risman Musa, psikolog kelahiran Aceh, yang juga Pimpinan Yayasan Kita & Buah Hati Jakarta,” kata Bupati Sama Indra di Tapaktuan, Senin.

Dalam asesmen itu nanti para pejabat akan dinilai integritas dan kompetensi dirinya masing-masing. Hasil tersebut nantinya akan menjadi rujukan bagi pemerintah dalam penempatan jabatan sesuai bidang dan kemampuan yang dimilikinya, kata Sama Indra.

Menurut Sama Indra, lahirnya program atau kebijakan tersebut membuktikan bahwa, dirinya sangat serius dalam melakukan pembenahan birokrasi di lingkungan Pemkab Aceh Selatan untuk terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik.

“Harapan kami dengan adanya asesment ini, ke depan sudah ada gambaran bagi kami dalam penempatan pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemkab Aceh Selatan sesuai bidang dan kemampuan yang dimilikinya masing – masing,” papar Bupati.

Baca   Mengharukan! AdaTangis Saat Pisah Sambut Kapolres Aceh Selatan

Selain itu, tambah Bupati, peserta yang mengikuti kegiatan dimaksud juga dipersiapkan untuk mengisi jabatan yang kosong dan jabatan yang ditinggalkan oleh pejabat yang telah pensiun.

Bupati Sama Indra meyakini, dengan diikut sertakan dalam program esesment kompetensi tersebut, akan tercermin sumber daya manusia PNS di lingkungan Pemkab Aceh Selatan yang berkualitas dimana pada akhirnya nanti akan mampu melahirkan pejabat-pejabat handal yang mampu membawa tata kelola pemerintahan ke arah yang lebih baik lagi.

“Saya bersama Wakil Bupati Kamarsyah sangat serius melakukan pembenahan birokrasi supaya terwujudnya tata kelola pemerintahan yang lebih baik lagi ke depannya di daerah ini,” pungkasnya.

Terobosan Bagus
Menyikapi kebijakan tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat (DPC-PD) Kabupaten Aceh Selatan Syahril yang juga salah seorang pimpinan partai pengusung pasangan SAKA (Sama Indra – Kamarsyah) pada Pilkada lalu menyambut baik langkah dan program Bupati Aceh Selatan, dalam melakukan pembenahan birokrasi.

“Kami selaku salah satu partai pengusung pasangan SAKA menyambut baik program uji kompetensi keahlian bagi pejabat di lingkungan Pemkab Aceh Selatan, karena cukup bagus guna terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik,” kata Syahril.

Legislator Partai Demokrat yang sudah dua periode menjabat ini mengaku, program yang akan dijalankan Bupati HT Sama Indra tersebut sangatlah tepat dalam rangka menjawab problem carut marutnya birokrasi di lingkungan Pemkab Aceh Selatan selama ini.

Baca   Mengharukan! AdaTangis Saat Pisah Sambut Kapolres Aceh Selatan

Lebih lanjut Syahril menambahkan, dengan adanya program uji kompetensi tersebut, maka pejabat yang akan ditempatkan pada dinas, badan dan kantor benar-benar sesuai dengan kemampuan dan keahliannya serta terlepas dari kepentinggan politik pihak luar.

“Artinya, pejabat yang akan ditempatkan itu benar- benar sesuai keahlian dan kemampuannya masing-masing, bukan atas dasar kepentingan. Oleh karenanya kami sangat yakin, program yang akan dijalankan oleh saudara bupati ini akan mampu memwujudkan perubahan dan tata kelola pemerintahan yang baik ke depannya,” pungkas Syahril.

“Saya berpikir objektif, yang baik harus kita katakan baik, yang salah harus kita katakan salah. Karena program tersebut sangatlah bagus dan tepat, maka saya harus dukung dan memberi apresiasi,” pungkasnya.

Wartawan

acehpost.co.id adalah situs media berita Aceh terkini yang bertujuan untuk memberitakan informasi seputar Aceh, nasional, internasional, teknologi, agama Islam, dan sebagainya yang kami kemas dengan bahasa yang mudah dipahami, akurat, dan terkini.


Berikan komentar tentang berita diatas?

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *