Politik

MK Menolak Seluruh Gugatan Prabowo-Hatta

JAKARTA— Sidang majelis hakim MK memutuskan menolak seluruh gugatan Prabowo-Hatta atas hasil pilpres 2014, Kamis (21/8/2014).

Putusan MK itu dibacakan Ketua MK Hamdan Zoelva, dan tanpa “dissenting opinion”. Dengan demikian Jokowi-JK pemenang pilpres 2014 sesuai dengan penghitungan KPU. Hasil tersbeut dibacakan sekitar oukul 20.40 WIB.

Sebelumnya, tim kuasa hukum calon presiden dan calon wakil presiden Jokowi-Jusuf Kalla menilai tuduhan yang dilayangkan kubu Prabowo-Hatta terkait kecurangan dalam pemilu 2014 sudah jelas tidak terbukti.

Anggota tim kuasa hukum Jokowi-Jusuf Kalla Taufik Basari mengatakan beberapa gugatan yang krusial sudah jelas terbantahkan. Antara lain terkait pembukaan kotak suara sudah jelas, dan tidak masalah bagi MK.

Lebih lanjut, menurutnya, terkait penghitungan suara juga dianggap MK kabur dan tidak jelas. Sementara, soal Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb) juga tidak masalah, karena KPU boleh mengeluarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

“Selain itu jelas tidak ada bukti-bukti adanya mobilisasi pemilih. Memang ada catatan yang perlu diperbaiki. Yang jelas, buat kami yang paling penting MK tidak mengakui adanya kecurangan,” ujarnya di sela sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di gedung MK, Kamis (21/8/2014).

Sebelumnya, tim kuasa hukum Jokowi-Jusuf Kalla menilai rencana kubu Prabowo menggugat keabsahan Jokowi sebagai calon presiden dinilai mengada-ada. Alasannya, jika ingin mempermasalahkan, maka sebaiknya di awal kampanye.

Baca   ICW: Jumlah Dana Parpol tak Rasional

 
sumber: Bisnis.com


Berikan komentar tentang berita diatas?

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *