Aceh Utara

Musrenbang Menganut Pola “Top Down” Tak Perlu

musrenbang menganut pola top down tak perlu

acehpost.co.id – Aceh Utara | Musrenbang menganut pola “Top Down” tak perlu. Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), tidak perlu diadakan jika hanya sebatas seremonial penyusunan anggaran semata, namun tidak mampu mengakomodir keinginan masyarakat dan masih menjalankan pola usulan pembangunan secara top down.

Anggota DPRK Aceh Utara, mengatakan hal tersebut saat berlangsungnya kegiatan Musrenbang di Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, di Balai Panglateh Lhoksukon.

Sebutnya, Musrenbang tingkat kecamatan adalah forum penyampaian usulan program rencana kerja dari desa atau mukim yang akan dimusyawarahkan di tingkat kecamatan, dan hasilnya akan dibahas dalam Musrenbang Kabupaten.

Namun pada prakteknya, apa yang dipaparkan pada saat kegiatan Musrenbang berlangsung dari masing-masing SKPD, merupakan rencana kerja yang masih menganut sistem “top down” yakni rencana kerja yang diusulkan dari atas ke bawah.

“Seharusnya pemerintah Aceh Utara menggunakan sistem “bottom up” sebagaimana diatur dalam undang undang. Yakni menyusun Renja berdasarkan hasil usulan program kerja di tingkat desa atau mukim yang direkomendasikan dalam Musrenbang Kecamatan untuk dibahas kembali dalam Musrenbang Kabupaten. Jika kenyataannya seperti ini, untuk apa dilaksanakan Musrenbang Kecamatan, langsung saja laksanakan Musrenbang kabupaten,” ujar Ismed, hari ini.

Dirinya juga sangat menyanyangkan, apabila pada Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang di gelar di setiap kecamatan, tanpa kehadiran langsung oleh pihak eksekutif selaku pengambil dan pelaksana kebijakan. Akan tetapi, umumnya diwakilkan kepada staf atau bawahannya. Sehingga dikhawatirkan banyak usulan program yang diinginkan masyarakat tidak terakomodir dalam RKPD Aceh Utara, pada program pembangunan di tahun mendatang, terang Ismed.

Baca   TKW Dari Bireuen Dianiaya Majikan di Malaysia Sampai Buta Total

Editor: six/AP
Sumber: waspada.co.id


Berikan komentar tentang berita diatas?

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *