Aceh Barat

Nelayan Meulaboh Kesulitan BBM Solar

MEULABOH – Para nelayan tradisional di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, dalam dua pekan terakhir kesulitan mendapatkan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar bersubsidi, sehingga membuat mereka terkendala dalam rutinitasnya.

Anhar, Pawang Laot (lembaga adat laut) Desa Pangong, Kecamatan Johan Pahlawan, di Meulaboh, Kamis (21/8) mengatakan, pembatasan kouta BBM solar bersubsidi diberlakukan pemerintah membuat mereka kesulitan mendapatkan bahan bakar.

“Terkadang belum apa-apa sudah habis solar bersubsidi, katanya diutamakan untuk nelayan tapi bukan begitu yang dirasakan, malahan jadwal melaut kami sudah tidak menentu,” katanya.

Menurut Anhar kebijakan pemerintah adanya pembatasan kouta BBM solar bersubsidi menimbulkan efek jera bagi nelayan seolah melakukan penimbunan, padahal seringnya terjadi kelangkaan solar karena dimungkinkan ulah pihak lain.

Para nelayan mengharapkan adanya perhatian khusus dari pemerintah untuk pengutamaan solar subsidi bagi nelayan, meskipun sudah ada kebijakan pengutamaan akan tetapi implementasinya harus benar-benar diawasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Keluatan dan Perikanan (DKP) Aceh Barat T Helmi menegaskan, pemerintah pada dasarnya tetap mendukung apapun upaya para nelayan di daerah ini dalam proses mendapatkan BBM bersubsidi.

“Kita tetap masih memberikan rekomendasi untuk para nelayan mendapatkan langsung solar subsidi di SPBU karena memang di daerah kita belum terbangun SPDN,” jelasnya. Menurut Helmi, untuk membudahkan mendapatkan pelayanan di Stasiun Pengisian Bakar Umum (SPBU) pemda memberikan rekomendasi para nelayan dan terus berupaya memberikan berbagai program bantuan untuk peningkatan kesejahteraan.

Baca   Bupati: BABM Solusi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Menyangkut pengawasan kata dia, dalam hal ini tentunya bukan hanya dari DKP akan tetapi ada instansi lain bahkan melibatkan aparat kepolisian yang artinya sudah ada tim yang melakukan pengawasan terhadap beredarnya solar subsidi.

Terlebih lagi, kawasan itu belum tersedia Solar Pocet Dialer Nelayan (SPDN) yang memberikan jaminan khusus bagi nelayan mendapatkan solar bersubsidi di SPBN atau di SPBU sebagaimana dilakukan selama ini.

“Menyangkut pengawasan inikan ada tim, dan tim ini bersama-sama memperhatikan kebutuhan untuk nelayan dan masyarakat umum lainya untuk mendapatkan BBM solar bersubsidi,” katanya menambahkan.(Red/Ant)

 
Sumber : diliputnews.com