Simeulue

Pasien IGD Telantar di Puskesmas Simeulue Tengah

SIMEULUE – Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Simeulue Tengah, Kampung Aie, Kecamatan Simeulue Tengah, Kabupaten Simeulue, kembali menjadi sorotan publik. Setelah sebelumnya merebak isu pungli terhadap keluarga pasien, kali ini seorang pasien IGD korban laka lantas ditelantarkan di ruang Instalasi Gawat Darurat di Puskesmas Simeulue Tengah tanpa perawatan medis.

Julisman, warga Langgi, Kecamatan Alafan, sang pasien dimaksud, terpaksa dibawa pulang kembali ke rumahnya oleh pihak keluarga setelah ditelantarkan petugas medis sekira tiga jam di ruang IGD, Kamis (4/9/2014) malam.

Hasranudin, seorang keluarga pasien kepada media online atjehlink.com, Jumat (05/09/2014), menuturkan awal kejadian tersebut. ”Kamis sore sekira jam empat sore, Julisman jatuh dari motornya di Desa Putra Jaya dan mengalami luka-luka parah di sekujur tubuhnya. Ia sempat dirawat oleh perawat di Pustu Putra Jaya dan selanjutnya dirujuk ke Puskesmas Simeulue Tengah oleh perawat Pustu tersebut.”

Sesampainya di ruang IGD Puskesmas Simeulue Tengah, ungkap Hasranuddin, pasien ditelantarkan oleh perawat hampir tiga jam lamanya tanpa ada pertolongan medis. “Saat ditanya dokter jaga, si perawat menyampaikan bahwa dokter ada di rumah dinasnya lagi istrahat tanpa bisa diganggu,” ucapnya mengutip pernyataan sang perawat.

Akhirnya sekitar pukul 24.00 WIB, karena dokter tak kunjung datang, pihak keluarga terpaksa membawa pulang Julisman ke rumahnya di Desa Langgi, Kecamatan Alafan.

Baca   LKBH Simeulue ajak Masyarakat dan Mahasiswa Kawal Dana Desa

Hasranudin sangat menyesalkan tindakan petugas medis di Puskesmas Simeulue Tengah tersebut. Kepada Pemkab Simeulue dan Dinkes setempat ia berharap agar kejadian yang menimpa keluarganya itu ditindaklanjuti. “Agar mereka (pihak Puskesmas-red) tidak pandang bulu dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien,” sebutnya.

Sementara itu, saat dihubungi via ponsel untuk mendapatkan konfirmasi terkait pasien IGD telantar di puskesmas Simeulue Tengah, nomor ponsel Kepala Puskesmas Simeulue Tengah itu dalam keadaan tidak aktif dan pesan singkat yang coba dikirim pun gagal. [Monanda Phermana]


Berikan komentar tentang berita diatas?

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *