Banda Aceh

Pemerintah Aceh Tetapkan 15 Agustus Sebagai Hari Damai Aceh

Banda Aceh – Pemerintah Aceh menetapkan 15 Agustus sebagai hari Damai Aceh di mana tonggak bersejarah penandatanganan MoU Helsinki di Finlandia telah menandai berakhirnya konflik bersenjata antara Pemerintah RI dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

“Peringatan sembilan tahun MoU Helsinki kali ini merupakan yang terakhir dilaksanakan pemerintah Aceh. Untuk tahun-tahun berikutnya, mulai 2015, peringatan MoU Helsinki ditetapkan sebagai hari damai Aceh,” kata Gubernur dr Zaini Abdullah dalam sambutannya pada peringatan 9 Tahun MoU Helsinki di depan Masjid Raya Baiturraman Banda Aceh, Kamis (15/8).

Peringatan MoU Helsinki ini turut dihadiri unsur pimpinan daerah dan jajaran SKPA, serta Wali Nanggroe Mahmud Al Haytar. Namun Wakil Gubernur Muzakir Manaf tak terlihat di antara para undangan.

Zaini Abdullah menyebutkan penandatanganan MoU Helsinki antara Pemerintah RI dan GAM pada 15 Agustus 2005 dilandasi atas niat membawa perubahan bagi rakyat Aceh yang didera konflik bersenjata selama hampir 30 tahun. Pada hari bersejarah itu pula, kata Zaini Abdullah, GAM mengakhiri perjuangan bersenjata atas ketidakadilan pemerintah pusat kepada Aceh.

“Penandatanganan MoU Helsinki menandai perjuangan menggunakan senjata telah usai. Tapi perjuangan politik belum usai,” kata Mantan Menteri Luar Negeri GAM itu.
Menurut Zaini ada beberapa pasal dalam MoU Helsinki yang hingga saat ini belum diimplementasikan Pemerintah RI. Di antaranya pembentukan Pengadilan HAM, Komisi Klaim Bersama dan Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) serta beberapa turunan UUPA dalam bentuk Perpres dan Peraturan Pemerintah.
“Perintahan Aceh dan rakyat Aceh akan terus berjuang untuk menagih setiap komitmen dan janji pemerintah,”ujarnya.

Baca   Mahasiswa Jadi Target Judi Online

Acara dimulai seusai shalat ashar ini dilaksabakan di tengah hujan rintik-rintik, namun tak menyurutkan para undangan. Turut pula panitia mengumumkan sejumlah pemenang lomba karya tulis dan foto dalam rangka peringatan 9 Tahun MoU Helsinki. (Ansari)

sumber