Dinul Islam

Pemerintah Tunjuk Pesantren Jadi Tempat Rehabilitasi Narkoba

pemerintah tunjuk pesantren jadi tempat rehabilitasi narkoba

acehpost.co.id – Dinul Islam | Pemerintah tunjuk pesantren jadi tempat rehabilitasi narkoba. Kementerian Sosial bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) mengembangkan program rehabilitasi narkoba dengan berbasis pesantren.

Untuk itu Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa akan menjadikan pesantren sebagai salah satu Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL).

“Saya melihat varian-varian yang melakukan rehabilitasi narkoba berbasis pesantren, karena kalau Presiden me-launching 100 ribu panti rehabilitasi, formal bangunan infrastruktur itu banyak dana dan lama,” kata Khofifah, saat kunjungan kerja ke Purbalingga, Jawa Tengah, Minggu 22 Maret 2015.

Khofifah mengatakan, pesantren punya keunggulan-keunggulan tertentu untuk melakukan rehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba. Pesantren mampu melakukan rehabilitasi dengan metode terapitik community, sehingga korban penyalahgunaan narkoba bisa kembali ke masyaratakat.

“Saya melihat kombinasi-kombinasi itu bisa memaksimalkan upaya pemulihan mereka terutama aftercare” ujarnya.

Jika nantinya Kemensos menerbitkan IPWL kepada pasien rehabilitasi melalui untuk pesantren yang ditunjuk, pemegang kartu tidak bisa ditangkap polisi. “Kalau nanti masih tertangkap memakai lagi akan tangani dokter dan kejaksaan,” terang Khofifah.

 

Editor: six/AP
Sumber: viva.co.id

Baca   Pesantren Modern Al-Falah, terima Santri Baru

Berikan komentar tentang berita diatas?

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *