Banda Aceh

Penghargaan WTP dari Kemenkeu Untuk Pemko Banda Aceh

BANDA ACEH – Berdasarkan pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2013, Pemerintah Kota Banda Aceh berhasil menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dengan capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Dikutip dari media online Atjehlink.com, atas keberhasilan tersebut, Sekda Kota Banda Aceh Drs T Saifuddin TA MSi, mewakili Wali Kota akan menerima penghargaan WTP dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI yang direncanakan akan diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan RI, Muhammad Chatib Basri pada Rapat Kerja Nasional Akutansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2013 di Gedung Dhanapala Kementrian Keuangan Jakarta, Jumat (12/9/2014) malam.

Kabag Humas Setda Kota Banda Aceh, Drs Marwan, mengatakan saat ini Sekda Kota Banda Aceh telah berada di Jakarta untuk menghadiri Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah yang dilaksanakan di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Dalam acara ini, penghargaan WTP di serahkan kepada 123 Kepala Daerah dari seluruh Indonesia.

“Pak Sekda menggantikan Wali Kota yang dijadwalkan sebelumnya menghadiri acara ini, namun karena ada kegiatan Kerjasama Ekonomi Sub Regional Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) di Banda Aceh, Bu Wali menugaskan Pak Sekda menerima penghargaan ini di Jakarta,” jelas Marwan.

Lanjut Marwan, penghargaan WTP tahun 2014 yang diraih Kota Banda Aceh merupakan penghargaan yang ke-6 kalinya secara berturut-turut.

Baca   Calon Polisi Aceh Harus Bisa Baca Al-Quran

“Opini WTP ini yang ke enam kali berturut-turut dimana dari Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2013 telah dinilai oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BKP) RI dan LHP-nya telah diserhakan kepada Pemko Banda Aceh tanggal 15 bulan Mei lalu,” papar Marwan.

Prestasi ini sempat disebut sebagai prestasi yang luar biasa oleh Kepala BPK Perwakilan Banda Aceh, Maman Abdurrahman, saat menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) kepada Illiza Sa’aduddin Djamal pada Mei lalu yang saat itu masih menjabat sebagai Plh Wali Kota Banda Aceh.

Menurut Maman, prestasi ini langka di Indonesia, karena opini WTP enam kali berturut-turut hanya diraih oleh Pemkot Banda Aceh dan Tangerang. (Mkk/sp)


Berikan komentar tentang berita diatas?

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *