Nasional

Pertamina Izinkan Pembelian BBM Dengan Jerigen

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) menyatakan tidak mempermasalahkan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak (SPBU) dengan menggunakan jerigen.

Meskipun kita sering menjumpai stiker “Dilarang mengisi BBM kedalam Jerigen” namun kenyataannya PT Pertamina masih izinkan pembelian BBM dengan jerigen di SPBU, ini tidak terlepas masih banyak ditemui pembelian BBM subsidi yang menggunakan jerigen di beberapa SPBU di seluruh Indonesia, termasuk di Aceh.

“Mengenai pembelian BBM subsidi dengan menggunakan jerigen, itu masih diperbolehkan,” ungkap Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir saat berbincang dengan media di Seribu Rasa, Jakarta, Selasa (2/9/2014).

Ali menambahkan, pembelian BBM subsidi dengan menggunakan jerigen diperbolehkan jika para pembeli ini mendapatkan rekomendasi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dari kelurahan atau kecamatan setempat dengan ketentuan yang berlaku.

“Contohnya di suatu wilayah, bila ingin beli BBM subsidi, ke SPBU tapi jaraknya jauh 15 kilometer (km). Nah akhirnya mereka beli dari pengecer (BBM) botolan. Pengecernya ini belinya gunakan jerigen pakai rekomendasi SKPD. Ini masih diperbolehkan, termasuk petani jika musim kemarau ini gunakan mesin pompa untuk alirin air, itu pakai solar,” kata Ali.

Namun kata Ali, yang sangat tidak diperbolehkan adalah ketika sudah ada rekomendasi SKPD dan membeli menggunakan jerigen, lalu dijual lagi di deket SPBU.

Baca   2 Oknum Polisi Terlibat Pengedar Narkoba Terancam di Gantung

“Kan undang-undang mengatakan, BBM PSO enggak boleh dijual lagi di deket SPBU,” tegas Ali.

Menurut Ali, hal-hal seperti ini peran pemerintah daerah seharusnya bisa melarang praktek-praktek seperti ini.

“Sebenarnya pemda bisa ada peran melarang ada penjual pengecer itu,” pungkasnya. (rzy)

 
sumber: economy.okezone.com